Kamis, 27 Agustus 2015

Pengertian Manajemen Pemasaran

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).

Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).

Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang didesign untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran, untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler & Amstrong)

Jadi dari beberapa definisi diatas dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.

Beberapa istilah yang sangat penting dalam konteks pemasaran adalah :
  1. Produk (barang, jasa, ide); Segala hasil kerja manusia yang dapat ditawarkan kepada manusia lainnya baik berupa barang, jasa atau ide. Konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu terbaik, kinerja terbaik dan sifat terbaik sehingga perusahaan harus memfokuskan diri pada perbaikan produk yang terus menerus, menyukai produk yang mudah diperoleh dan sangat terjangkau karenanya manajemen harus berfokus pada perbaikan efisiensi produksi dan distribusi.
  2. Nilai; Perkiraan konsumen atas suatu produk untuk kepuasan mereka, apa yang dirasakan / diinginkan, perbedaan antara nilai yang dinikmati pelanggan karena memiliki serta menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk tersebut.
  3. Biaya; Harga yang harus dibayar konsumen atas produk yang dikonsumsi
  4. Kepuasan; Seberapa puas konsumen atas produk yang mereka konsumsi (kesesuaian antara harapan dan kenyataan), Kepuasan (customer satisfaction): tingkatan dimana kinerja yang dirasakan (perceived performance) poduk akan sesuai dengan harapan seorang pembeli atau tidak
  5. Pasar; Tempat yang berisi semua pelanggan potensial yang berniat untuk transaksi terhadap suatu produk.

Perencanaan Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) adalah proses menentukan target pasar dengan strategi bauran pemasaran yang terkait dimana:
  1. Target Market; sekelompok pelanggan homogen yang ingin ditarik oleh perusahaan.
  2. Bauran Pemasaran (Marketing Mix); variabel-variabel yang disusun oleh perusahaan dalam rangka untuk memuaskan target market tersebut. Marketing Mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu : produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem saluran distribusi. Variabel-variabel marketing mix ini dapat dipakai sebagai dasar untuk mengambil suatu strategi dalam usaha mendapatkan posisi yang kuat dipasar. 
(Sumber : http://www.kembar.pro/2015/05/manajemen-pemasaran-konsep-orientasi.html)


Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian manajemen pemasaran mau tidak mau harus kita tahu dan perlu kita kuasai, karena dalam kehidupan kita sehari – hari akan selalu berhadapan dengan proses marketing ataupun pemasaran, oleh sebab itulah penting bagi kita semua untuk mengetahui pengertian manajemen pemsaran.
Sebelum ke pengertian manajemen pemasaran kita kenali terlebih dahulu apa itu pengertian pemasaran?
Pengertian pemasaran secara umum adalah proses memasarkan produk barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan dan memerikan kepuasan kepada konsumen serta bisa mendatangkan keuntungan atau laba bagi sebuah perusahaan.
Pengertian manajemen pemasaran secara umum adalah “sebuah proses yang di gunakan oleh suatu lembaga ataupun Organissi dalam sebuah perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan berjalannya perusahaan tersebut dan bisa mendapatkan keuntungan atau laba, dalam hal ini Manajemen Pemasaran mencakup hal – hal berikut : Processes, Creating, Relanships, communicating, Delivering Value”.
sedangkan Pengertian Manajemen Pemasaran berdasarkan Definisinya :sebagaimana yang di sampaikan Oleh Ahli dalam bidang pemasaran “Kotler tahun 1980. Manajemen pemasaran ialah “ penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan”.
Philip Kotler juga mengungkapkan Pengertian Manajemen Pemasaran hampir senada dengan diatas : “Pengertian manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran anatar barang dan jasa yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi.
-Kotler, P.(1980), Marketing Management: Analysis, Planning, and Control. 4th Ed. London: Prentice-Hall, Inc.
Pengertian Manajemen Pemasaran Dharmmesta dan Handoko : manajemen pemasaran adalah berbagai kegiatan pokok yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk terus mempertahankan kelangsungan hidup perusahaannya, untuk kemudian berkembang, dan untuk mendapatkan laba atau keuntungan.
Pengertian Manajemen Pemasaran juga di sebutkan dalam buku Stanton, William J. 2001. Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.: “ adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan - kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial”.
Kesimpulan pengertian manajemen pemasaran dari pernyataan para ahli di atas ialah : Merupakan gabungan atau bauran strategi, yang pencakup proses, kreasi, hubungan, komunikasi, dan menciptakan nilai yang di tujukan kepada konsumen untuk memberikan pemenuhan kebutuhan dan kepuasan mereka dan bisa mendatangkan keuntungan bagi sebuah perusahaan yang menjalankan manajemen pemasaran tersebut.
Dalam manajemen pemasaran itu sendiri mengandung beberapa konsep pemasaranyang di sebut dengan falsafah Bisnis, tujuan falsafah bisnis adalah untuk memberikan kepuasan terhadap keinginan konsumen dan juga berorientasi kepada kebutuhan konsumen pada jaman sekarang, sedangkan konsep pemasaran pada jaman dahulu falsafah bisnis lebih mementingkan keadaan produk dan proses penjualannya.
Konsep manajemen Pemasaran mencakup 6 unsur :
  • konsep produksi
  • konsep produk
  • konsep penjualan
  • konsep pemasaran
  • konsep pemasaran social
  • konsep pemasaran global
Dalam Kegiatan penyusunan konsep pemasaran di atas selaku pembuat konsep manajemen pemasaran pada sebuah peusahaan harus memasukan 3 elemen pemasaran yang professional berikut :
  • Orientasi konsumen / pasar / pembeli
  • Volume penjualan yang menguntungkan dan memberikan kepuasan kepada konsumen
  • Koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan.

(Sumber ; http://www.lebahmaster.com/bisnis-2/manajemen-bisnis/pengertian-manajemen-pemasaran)


1 komentar:

  1. TITIAN cross necklace - titanium cross necklace
    TITIAN cross necklace - titanium easy flux 125 amp welder titanium cross necklace. This necklace titanium dioxide is in good titanium plate flat iron condition. These pieces come in the same shape as other pieces mens titanium wedding rings from TITIAN micro touch hair trimmer cross.

    BalasHapus